CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS VOKASI IKUTI UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 2022 NASIONAL SECARA DARING

Senin, 13 Juni 2022 - 14:42:47 WIB
Dibaca: 80 kali

Surabaya, tl.vokasi.untag-sby.ac.id – Berdasarkan Instruksi Pengurus Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 Surabaya tentang pelaksanaan upacara bendera dalam rangka Hari Lahir Pancasila tahun 2022, maka seluruh civitas akademika Fakultas Vokasi Untag Surabaya mengikuti upacara bendera secara langsung dan daring. Instruksi ini merupakan hasil tindak lanjut dari Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor : 4 Tahun 2022 Tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dan Surat Kemenristekdikti Nomor : 34069/A/TU.02.03/2022 Perihal Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dapat diikuti secara langsung melalui kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP dan siaran TV Nasional pada tanggal 1 Juni 2022 pukul 07.00 WIB. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dan dilaksanakan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 ini merupakan upacara pertama kali yang dilaksanakan di luar Gedung Pancasila Jakarta. Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Presiden RI Joko Widodo mengenakan pakaian adat Ende bernama Ragi Lambu Luka Lesu. Dalam penyampaian amanat inspektur upacara, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila menjadi bintang penuntun saat Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Sehingga, masyarakat Indonesia harus selalu mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan tata kelola pemerintahan.

Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 ini yang bertindak selaku komandan upacara yaitu Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. Bertindak sebagai pembaca naskah Pancasila yaitu Ketua MPR Bambang Soesatyo dan pembacaan naskah UUD 1945 dibacakan oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick. Lalu, pembacaan doa dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (ga)


Untag Surabaya || Fakultas Vokasi Untag Surabaya|| SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya