Mahasiswa Teknologi Manufaktur Fakultas Vokasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berhasil Ciptakan Mesin pengaduk adonan kue bagi UMKM

Kamis, 03 September 2020 - 10:31:20 WIB
Dibaca: 304 kali

Pandemi Covid-19 membuat situasi serba sulit banyak terjadi pengurangan Karyawan, melimpahnya pengangguran memaksa untuk lebih kreatif dan inovatif dengan cara membuka usaha Kecil menengah, ditunjang kebijakan dari pemerintah sekarang ini gencar-gencarnya memberikan kemudahan bagi UMKM diantaranya kemudahan dalam ijin operasional, kemudahan bantuan financial, dll.

UMKM yang sekarang banyak tumbuh adalah industri makanan utamanya industri roti rumahan, namun dalam proses produksinya masih terbatas dan mesin yang digunakan masih manual dengan kapasitas produksi yang masih sangat terbatas, sehingga dalam produksi membutuhkan waktu yang agak lama sehingga bisa mengurangi keuntungan yang didapatkan.

Karena itu Mahasiswa Teknologi Manufaktur Fakultas Vokasi Untag Surabaya yang bernama Rohmansyah Akhirun Ni’an dan Hendry Ronaldo berinisiatif dan berinovasi untuk membantu UMKM dengan menciptakan mesin pengaduk adonan kue yang bekerja lebih efisien, cepat dan kapasitas produksi yang besar serta mudah dipindah-pindahkan guna membantu meningkatkan Produktivitas UMKM.

mesin tersebut mempunyai spesifikasi Teknis berikut : motor listrik (AC) sebesar 1/2 Hp dengan kecepatan 1400 Rpm, menggunakan 2 buah pulley berukuran 2,5 incin dan 14 inci, V-belt berukuran A-54, poros berukuran 20 mm, serta 2 buah bantalan bearing berukuran diameter dalam 20 mm. "Umur bantalan diketahui yaitu 388,8 jam kerja. Sedangkan tangki adonan dibuat paten agar tidak terjadi pergesaran antara wadah dengan poros.

Rohmansyah menjelaskan dan berharap agar UMKM mampu bersaing dengan produsen kue industri besar dengan menggunakan mesin tersebut dan dapat memaksimalkan produksi dikarenakan diameter wadah adonan yang digunakan besar, kecepatan pengadukan dan waktu pengadukan yang cukup singkat. Dengan kapasitas 5 kg bisa diselesaikan dalam waktu 25 menit.


Untag Surabaya || Fakultas Vokasi Untag Surabaya|| SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya