Mahasiswa Politeknik Untag Surabaya Ikuti Lomba IARC 2017

, 20 Maret 2017 - 09:05:33 WIB
Dibaca: 962 kali

Mahasiswa Teknik Listrik Industri Politeknik UNTAG Surabaya mengikuti lomba robot nasional ‘Industrial Automation And Robotic Competition (IARC)’ 2017. Lomba yang terlaksana pada tanggal 8-9 April 2017 ini merupakan event yang diselenggarakan oleh jurusan D3 Teknik Elektro FTI-ITS ITS Surabaya.

IARC merupakan kompetisi dibidang robotika dan keilmiahan bertaraf nasional. Maksud diadakannya lomba ini adalah untuk mengembangkan dan memperkenalkan perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama dalam bidang pemrograman dan robotika. Sementara Smart Robotic Car adalah salah satu kategori lomba dalam event IARC 2017. Pada kategori ini peserta diadu untuk menunjukan robot mana yang lebih baik. Pada tahun ini Smart Robotic Car membuka dua sub kategori yaitu kategori Smart Hybride dan Smart Soccer Car.

Dalam lomba tersebut mahasiswa Politeknik UNTAG Surabaya memilih kategori Smart Hybride. Smart Hybride adalah robot yang menggunakan mikrokontroller sebagai pengendalinya (terprogram) dan menggunakan sensor jarak untuk mendeteksi jalannya. Pemenang dari kategori ini adalah robot yang telah melewati tahap-tahap pertandingan hingga final dengan poin tertinggi dan waktu tercepat.

Sedangkan, Smart Soccer Car adalah robot soccer beroda yang menggunakan kendali remote control dan dihubungkan oleh sebuah kabel. Pada kategori ini robot dari kedua tim diadu tanding layaknya permainan sepak bola. Pemenang dari pertandingan ini adalah tim yang mampu mendapat poin tertinggi dengan ketentuan peraturan yang sudah ditentukan.

Adapun tiga mahasiswa Politeknik UNTAG Surabaya yang mengikuti lomba robot IARC 2017 adalah M. Airul Ayyub (ketua tim), dibantu dua temannya Ahmad Firdaus, dan Ahmad Iwan. Mereka bertiga dalam lomba ini dibimbing oleh Kaprodi Teknik Listik Industri, Dimas Aditya PW, S.ST.


Untag Surabaya || Fakultas Vokasi Untag Surabaya|| SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya