Mahasiswa Politeknik Untag Surabaya Mengikuti Lomba Robot Nasional Baronas 2017

, 02 Maret 2017 - 11:59:26 WIB
Dibaca: 1131 kali

Mahasiswa Politeknik UNTAG Surabaya mengikuti lomba robot nasional ‘Baronas 2017’ yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).  Lomba yang akan berlangsung pada tanggal 25-26 Maret 2017 ini mengangkat tema ‘Smart Technology’. 

Baronas adalah Lomba Robot tingkat Nasional yang diperuntukkan untuk pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan umum yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengasah kemampuan para pelajar dan masyarakat Indonesia khususnya dalam bidang Teknologi Robotika. Dengan demikian perkembangan Robotika akan semakin pesat dan mampu memajukan dunia industri robotika.

Reza Anggita Putra anggota tim robot Politeknik UNTAG Surabaya kepada warta17agustus.com mengatakan, timnya pada lomba Baronas ini mengikuti perlombaan kategori Sumo Robot. Pada kategori ini setiap tim harus adu kekuatan untuk menjatuhkan atau mengeluarkan lawan dari arena.

“Sumo Robot yang kami buat gambaran umumnya harus sekuat mungkin dan efisien. Kami sudah buat simulasi lintasan, design, dan sistemnya,” kata mahasiswa jurusan Teknik Listrik Industri itu, Senin (28/2/2017).

Mahasiswa semester 6 ini berharap dengan mengikuti lomba tersebut bisa menambah pengalaman, ilmu pengetahuan, dan mampu membawa nama baik kampus.

“Ini pertama kalinya kami ikut lomba robot, semoga bisa membawa nama baik Politeknik UNTAG Surabaya,” tutup Reza. Dalam lomba ini dirinya bersama Moch. Amanu, dan M. Ainur Rozik.

Sementara itu, pembimbing tim robot Politeknik UNTAG Surabaya DimasAditya PW, S.ST mengatakan, total hadiah yang diperebutkan dalam lomba robot nasional ‘Baronas 2017’ sebesar Rp 30 juta. Dengan mengkuti lomba tersebut diharapkan mahasiswa bisa mengaplikasikan langsung ilmu yang didapat selama kuliah.

“Semua pasti ingin menang, tetapi bisa lolos dari babak penyisihan sudah bagus karena minimnya pengalaman yang mereka miliki. Setiap tahun kami akan selalu mengikuti lomba-lomba untuk mengasah kemampuan mahasiswa,” ujar Kaprodi Teknik Listrik Industri tersebut.


Untag Surabaya || Fakultas Vokasi Untag Surabaya|| SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya