Dunia telah memasuki abad industrialisasi dan informasi. Namun tidak berarti bahwa bidang pertanian dan pangan menjadi tidak penting. Justru bidang ini dituntut untuk lebih efektif dan efisien dalam menyikapi peningkatan populasi manusia, penurunan daya dukung alam, keterbatasan energi dan perubahan global di bidang ekonomi, sosial dan politik. Perubahan paradigma pertanian harus ditujukan untuk menghemat sumber daya yang makin terbatas. Demikian juga dengan prioritas pembangunan pertanian harus mengarah pada peningkatan produksi sekaligus peningkatan kualitasnya. Kualitas produk makin ditekankan sejalan dengan era standardisasi internasional. Oleh karenanya, Universitas 17 Agustus 1945 membuka Program Studi Agroindustri. 

 VISI

"Terwujudnya Pendidikan Vokasi di Bidang Agroindustri (AI) yang Unggul dalam Pengembangan Produk Pangan Lokal Jawa Timur yang Berbasis Nilai danKarakter Bangsa pada tahun 2025."

MISI

 

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang Agroindustri yang difokuskan pada prosesing, analisis produk dan pengembangan produk pangan lokal yang mampu memenuhi KKNI.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan karya ilmiah yang difokuskan pada upaya pengembangan produk pangan lokal.
  3. Melaksanakan kegiatan pelayanan / pengabdian kepada masyarakat dalam bidang prosessing, analisis produk dan pengembangan produk pangan lokal.
  4. Membentuk kepribadian bagi segenap sivitas akademika yang berbasis nilai dan karakter bangsa.
  5. Menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri untuk mengoptimalkan terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing tinggi, kompeten dan berjiwa enterpreneur dibidang teknologi industry pertanian yang selaras (link and match) dengan kebutuhan dunia industri.
  • Menghasilkan karya penelitian dan inovasi di bidang teknologi industry pertanian berbasis kearifan lokal dan potensi daerah.
  • Mengaplikasikan hasil penelitian dan inovasi di bidang Agroindustri dalam rangka pelayanan dan pengabdian kepadamasyarakat.
  • Menghasilkan sumber daya manusia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kecerdasan,   kreativitas,   keberagaman   dan   kebangsaan   dalam   berbangsa   dan bernegara.
  • Memiliki jejaring kerjasama dengan dunia usaha, industri, pemerintah dan institusi pendidikan lainnya untuk mengoptimalkan terwujudnya visi dan terlaksananya misi Program Studi.

 

PROFIL LULUSAN

 

1. Praktisi, ahli madya pada industri :

  • hasil peternakan : industri susu, corned beef, daging kaleng, sosis, nugget, pakan ternak, dll.
  • hasil perairan dan kelautan : industri pengalengan dan pengolahan hasil perairan (ikan air  tawar, ikan laut seperti sarden/mackerel, tuna, ubur-ubur, mutiara, udang, kerang, rumput laut dll).
  • hasil tanaman pangan : industri pangan instan, roti/bakery, puff & pastry, flour mills dll.
  • hasil tanaman perkebunan : industri gula, kopi, teh, coklat, kelapa sawit, kelapa, nata de coco dll.
  • hasil tanaman obat-obatan : industri pengolahan dan ekstraksi jamu-jamuan.
  • hasil tanaman hortikultura : industri pengolahan dan pengawetan buah dan sayur, saos tomat, juice buah dll.
  • produk fermentasi : alkohol, sorbitol, High Fructose Syrup, bir, MSG, makanan tradisional (tempe, tahu, kecap, taoco, oncom dll).
  • produk minuman dan makanan ringan : air kemasan, minuman olahraga & kesehatan, soft drink, syrup, confectionery, jam-jelly, snack-crackers, pangan ekstruksi dll.
  • restoran dan catering (jasa boga).

2.  Analis pada lembaga / laboratorium pengujian / balai penelitian.

3.  Quality control, supervisi atau analis pada industri pangan.

4. Konsultan di bidang pangan dan agroindustri.

5. Wirausaha, wiraswasta dan industri rumahtangga (home industry) yang memiliki kompetensi di bidang pengolahan pangan dan agroindustri.